Khasiat Utama Dari Biji Kopi

Kopi memiliki banyak keunggulan, baik sebagai kopi hitam untuk kesehatan dan lebih hijau untuk kecantikan. Berikut adalah efek kesehatan dari minum kopi:

Memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan mood.

Merangsang fungsi saraf dan meningkatkan energi.

Mengurangi sakit kepala.

Pencegahan Parkinson dan Alzheimer.

Mengurangi risiko diabetes tipe II.

Kopi memiliki fungsi kecantikan tidak hanya untuk kesehatan, termasuk:

Kencangkan kulit dan buang mata panda.

Menjaga kesuburan rambut.

Hapus sel kulit mati.

Suplemen makanan.

Khasiat Utama Dari Biji Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia karena rasanya dan aromanya. Manfaat kesehatan dari kopi sangat banyak, baik kopi hitam maupun kopi hijau telah menjadi populer baru-baru ini. Di beberapa daerah di Indonesia, konsumsi kopi untuk kesehatan bahkan sudah menjadi kebiasaan dan budaya.

Tahukah Anda bahwa kopi hitam memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan? Sementara kopi hijau memiliki potensi untuk membantu diet Anda menurunkan berat badan.

Zat zat dalam kopi

Secara umum, kopi hitam memiliki efek yang tidak membuat kita mengantuk. Karena itu, banyak orang mengkonsumsi minuman ini jika mereka begadang atau di pagi hari. Ternyata kopi tidak hanya dapat menangkal kantuk, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita kenali dulu apa isinya.

Bicara soal kopi, lebih dari 100 jenis tanaman kopi dikenal. Tetapi kebanyakan tidak enak atau memiliki panen kecil.

Hanya ada dua spesies yang sering diproduksi dan dikonsumsi oleh komunitas global, yaitu Robusta dan Arabica. Kedua spesies ini memiliki berbagai jenis tanaman dan kondisi pertumbuhan. Kopi Arabika memiliki bentuk oval dan ukuran yang lebih besar dari Robusta. Meskipun jenis zat yang terkandung dalam Arabika dan Robusta adalah sama, isinya berbeda.

1. Arabika

Sekitar 70% dari produksi kopi dunia adalah Arabika, sedangkan produsen terbesar adalah Brasil. Arabika biasanya tumbuh 1000 hingga 2000 meter di atas permukaan laut dan memiliki rasa lebih asam dari Robusta. Karena itu, arabika dikonsumsi dan disukai lebih sering di tempat umum.

Perbedaan aroma Arabica dan Robusta disebabkan oleh perbedaan zat yang dikandungnya. Konsentrasi kandungan kopi arabika olahan (dipanggang) adalah sebagai berikut (g / 100 g):

Sukrosa: 4.2

Pengurangan gula: 0,3

Polisakarida: 31-33

Lignin: 3.0

Pektin: 2,0

Protein: 7,5-10

Kafein: 1.1-1.3

Trigonelline: 1.2-0.2

Asam nikotinat: 0,026

Trigliserida,

Sterol / tokoferol: 17.0

Penpenpen: 0,9

Mineral: 4.5

Asam klorogenik: 1.9-2.5

Asam alifatik: 1.6

Asam kuinat: 0,8

Melanoidins: 25

2. Robusta

Kopi robusta menyumbang sekitar 28% dari total produksi di seluruh dunia. Meskipun Robusta tidak sepopuler Arabika, ini sangat populer di kalangan orang Eropa di pagi hari. Rasa Robusta agak pahit, tetapi aromanya lebih kuat dan lebih harum dari Arabika. Negara penghasil robusta terbesar adalah Vietnam.

Tanaman Robusta dapat ditanam pada ketinggian 400 hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Konsentrasi kandungan kopi robusta olahan (dipanggang) adalah sebagai berikut (g / 100 g):

Sukrosa: 1,6

Pengurangan gula: 0,3

Polisakarida: 37

Lignin: 3.0

Pektin: 2,0

Protein: 7,5-10

Kafein: 1.1-1.3

Trigonelline: 0,7-0,3

Asam nikotinat: 0,025

Trigliserida,

Sterols / Tokoferol: 11.0

Penpenpen: 0,2

Mineral: 4.7

Asam klorogenik: 3.3-3.8

Asam alifatik: 1.6

Asam kuinat: 1,0

Melanoidins: 25

Secara umum, Arabika mengandung kafein dan asam klorogenat, yang secara signifikan lebih rendah dari Robusta, tetapi memiliki kandungan gula yang lebih tinggi. Kafein menciptakan aroma yang berbau lebih kuat tetapi memiliki rasa pahit di lidah. Itu tidak membuat kopi Arabika sama pahitnya dengan Robusta.

Zat yang terkandung seperti kafein, gula dan asam tidak hanya mempengaruhi rasa, tetapi juga manfaat kesehatan kopi. Menurut para ahli penelitian, konsumsi minuman ini secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *