Surabaya Lebih Hijau dengan Penanaman 1.000 Pohon Ketapang Kencana

Peduli penghijauan dan mencegah banjir, Polrestabes Surabaya menanam 1.000 pohon. Penanaman pohon diikuti serentak 23 polsek jajaran.

Selain pohon Tabebuya, juga ditanam pohon ketapang kencana, matoa dan pohon lain yang bertahan lama. Selain sebagai penghijauan juga dapat mengantisipasi banjir.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan aksi menanam pohon merupakan bagian dari kepedulian polisi pada lingkungan.

Surabaya Lebih Hijau dengan Penanaman 1.000 Pohon Ketapang Kencana

Situasi saat ini, banyak pohon tumbang akibat cuaca ekstrem. Dan penanaman (pohon) ini bisa dapat mengganti untuk ke depannya, kata Sandi usai penanaman pohon di Mapolrestabe Surabaya, Jumat (10/1/2020).

Sandi menambahkan penanaman pohon ini dilakukan untuk reboisasi atau pengganti pohon yang tumbang akibat cuaca ekstrem. Sandi menegaskan ini juga merupakan perintah Kapolri Jenderal Idham Aziz untuk memperindah mako agar lebih teduh.

Ini juga menjadi atensi dari Kapolri agar Markas kepolisian ditanami pohon, supaya lebih indah dan bagus, ujar Sandi. Jual Pohon Ketapang Kencana

Sandi menambahkan pihaknya sebelumnya juga sudah melakukan kegiatan yang sama bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sebelumnya kami juga melakukan kegiatan yang sama bersama ibu Wali Kota Surabaya, menanam pohon di lokasi pesisir pantai, guna mengantisipasi bencana banjir, ungkap Sandi.

Hari ini kami bersama Polsek jajaran menanam seribu pohon, dan target kami ke depannya 10 ribu pohon, tandas Sandi.

Manfaat pohon ketapang sangatlah banyak untuk membantu manusia menjalani kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal menjaga kesehatan. Ketapang merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara yang mudah ditemukan di negara seperti Indonesia. Kamu akan sering melihatnya di sekitaran pantai atau wilayah dengan iklim subtropis. Namun, ketapang sangat jarang ditemukan di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Hampir semua bagian pohon ketapang bisa dimanfaatkan. Salah satu bagian dari ketapang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah bagian daun. Ingin tahu lebih lanjut beragam manfaat daun ketapang bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat daun ketapang bagi kesehatan

1. Dapat mengurangi hipertensi

Daun ketapang bermanfaat untuk mengurangi hipertensi. Penderita hipertensi bisa menggunakannya untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan meminum air rebusannya.

2. Daun ketapang bisa menyembuhkan sariawan

Tidak hanya dapat mengurangi hipertensi, daun ketapang juga dapat menyembuhkan sariawan. Sariawan pastinya menjadi penghambat setiap kali hendak menyantap makanan. Daun ini ternyata memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik dan efektif untuk menyembuhkan sariawan.

3. Dapat mempercepat penyembuhan penyakit kulit

Khasiat daun ketapang bagi kesehatan yang selanjutnya adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti kadas, kurap, gatal, dan juga jamur. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan melumat daun hingga saripati daun keluar. Lalu, daun yang telah dilumat tersebut dioleskan pada tubuh hingga masalah penyakit kulit teratasi.

4. Daun ketapang bisa melancarkan pencernaan

Manfaat daun ketapang lainnya ialah membantu menyembuhkan masalah pada sistem pencernaan. Jika kamu memiliki masalah pada sistem pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sebagainya maka jadikan daun ketapang ini sebagai obat dengan cara meminum air rebusannya.

Tak hanya daun nya saja,bahkan Akar Pohon Ketapang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh,diantaranya:

Ciri-ciri fisik Pohon Ketapang Kencana adalah batangnya yang berwarna kekuning-kuningan atau kehijauan dan rata-rata memiliki batang yang sangat tinggi. Kandungan pada akar Pohon Ketapang Kencana sangat baik untuk tubuh diantaranya adalah Alkalin, Alkoloid, Gluvakolin dan Guvasine. Sehingga dapat disimpulkan manfaat akar Pohon Ketapang Kencana adalah sebagai berikut.

1. Merawat Kulit

Sudah lama akar Pohon Ketapang Kencana dikenal sebagai obat yang pass dalam merawat kulit. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan akar Pohon Ketapang Kencana sebagai alternative pengobatan kulit Anda. Terutama bagi penderita gatal-gatal, kandungan Guvasine serta Alkolid sangat ampuh atasi bakteri pada kulit sehingga mencegah gatal-gatal, panuan, komedo bahkan jerawat. Dalam tahap awal, lebih dilakukan dalam seminggu sekali.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, Guvasine adalah senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Memang dalam tubuh manusia, system kekebalan tubuh dapat berkembang sesuai dengan nutrisi yang diterima dari luar. Namun dalam kebanyakan kasus, banyak orang memilih untuk meningkatkan lebih dengan cara mengkonsumsi makanan sehat.

Salah satu alternative yang dapat Anda coba adalah dengan menkonsumi ramuan akar Pohon Ketapang Kencana dengan cara meminum air rebusan dari akar Pohon Ketapang Kencana, sebelumnya disaring dan diminum dua kali seminggu.

3. Mengobati Diare

Diare dapat terjadi dikalangan umum, cara terbaik dalam mence gah penya kit satu ini tentu dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang baik. Namun jika terlanjur terkena diare, Anda dapat mencoba akar dari Pohon Ketapang Kencana sebagai pengobatan. Caranya siapkan akar Pohon Ketapang Kencana secukupnya, dijemur dan direbus dengan takaran 3 gelas sampai menyisakan 2 gelas saja. Tunggu sampai dingin dan campurkan sedikit madu.

4. Meningkatkan Daya Kerja Jantung dan Penya kit Jantung

Khasiat akar Pohon Ketapang Kencana sangat bermanfaat untuk organ vital dalam tubuh khususnya jantung. Selain bisa meningkatkan daya kerja jantung, akar Pohon Ketapang Kencana juga ampuh dalam mengatasi penyakit jantung. Namun daripada mengobati, lebih baik mencegah dengan cara meminum air rebusan akar Pohon Ketapang Kencana namun sebelumnya dijemur lalu direbus dengan takaran 2 gelas dan diminum secara rutin 1 kali seminggu.

Pohon ketapang sering terlihat tinggi dan rindang. Tapi tahukah Anda seberapa besar pohon itu?

Dengan batang 1,5 meter, pohon ini bisa mencapai diameter hingga 40 meter.

Pohon ini tampaknya memiliki cabang yang tumbuh secara horizontal dan berlapis. Bahkan pohon ketapang muda terlihat seperti pagoda, sementara pohon tua dan besar sering berakar.

Daun ketapang

Daun rimbun menghiasi cabang-cabang kayu dari telur Ketapang seperti pohon oval dengan ujung bulat, sementara bagian yang berlawanan menyusut ke batang pohon.

Penguatan mata pisau berjalan sejajar dengan ujung mata pisau, yang bergelombang. Ukuran daun ketapang sekitar 8-25 cm.

Buah ketapang

Buahnya keras lonjong dengan bentuk lonjong, agak pipih dan bersudut. Ketika Ketapang masih muda, warnanya hijau kekuningan, dan ketika sudah matang, warnanya berubah menjadi ungu kemerahan.

Biji buah yang bisa dimakan dari Ketapang. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena alasan ini, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang untuk menggantikan kacang kenari dan almond. Kering di bawah sinar matahari, bagian tengah biji ketapang membentuk minyak kekuningan.

– Pohon ketapang menyebar karena memang tahap budidayanya sangat cepat dan tentunya sangat efisien sekali,daerah yang sangat cocok untuk pengembangan tanaman ini sejatinya tidak diketahui secara pasti. 

Tanaman  ketapang kencanana ini sudah sejak  lama di naturalisasi dari wilayah Afrika ke benua Australia, Papua, Asia Tenggara, Mikronesia, dan India. 

Pada pertengahan abad ke-20, Ketapang digunakan sebagai lanskap perkotaan Brasil. Sifat-sifat tanaman ini menumpahkan daunnya sampai seperti di Eropa. Selain itu, Ketapang Kencana sering ditanam di pohon hias, tidak hanya sebagai peneduh, tetapi juga menggunakan buah-buahan untuk memakannya dengan rasa yang sedikit asam.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>